Rabu, 17 Februari 2016

Tips Menjadi Supervisor yang Baik

Banyak hal yang harus dilakukan jika kita baru menjadi supervisor atau yang sudah lama menjadi supervisor. Karna sesungguhnya jika kita bicara soal supervisor berarti kita bicara soal pemimpin. Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Perlu banyak perhatian untuk menjaga diri kita agar menjadi contoh yang baik.

Ada beberapa hal yang yang harus kita perhatikan jika menjadi supervisor dalam dunia kerja. Maka kita harus memperhatikan hal-hal berikut :

  • Memantaskan diri dan percaya diri.
Dua hal ini adalah pondasi untuk bisa menjadi supervisor. Tentunya jika dua hal ini tidak dijalani. Berarti sejak awal kita sudah gagal. Simpel.

  • Menunjukkan atau mencontohkan hal baik.
Hal dan kata yang lumrah untuk bagian ini. Begitulah syaratnya. Walau keadaan dan kebiasaan di tempat kerja sangatlah buruk.Sebagai supervisor (pemimpin) kita harus tetap bisa mencontohkan dan mengubah keadaan dan kebiasaan tersebut menjadi baik dan positif.

Tidak menyalahgunakan perintah.
Jangan terlalu banyak memerintah anggota team kerja jika kita sendiri tidak banyak melakukan pekerjaan. Jangan sampai anggota team merajut misi dan kita berada di bawahnya. Yang benar adalah bantulah paling depan untuk membawa misi itu bersama-sama. Seperti ilustrasi gambar di bawah ini.


Inilah ilustrasi gambar "the real Pemimpin (supervisor)" yang baik dan pantas menjadi panutan.

  • Tetap Berwibawa.
Hal ini diperlukan agar kita tetap mendapat respect dari anggota team, sehingga kita bisa dengan mudah mengarahkan seseuatu yang kita inginkan.

  • Tidak segan menegur.
Kadang kita sulit menegur senior kita. Padahal kita sudah ditunjuk sebagai supervisor. Jika anggota salah tegurlah. Namun menegur ada baiknya dilakukan secara baik-baik.

  • Empat mata.
Hal ini berhubungan jika kita merasa tidak nyaman hati, jengkel marah, atau kasian kepada satu anggota team. Ajaklah dia bicara empat mata untuk membahas sesuatu yang janggal secara pribadi dan carilah solusi agar semua perasaan tidak nyaman dapat diselesaikan.
Hal ini kita juga bisa meminta sebaliknya kepada anggota team untuk bicara 4 mata jika mereka ingin menyampaikan sesuatu, namun tidak merasa nyaman anggota lain tau.

  • Punya catatan kecil.
Catatlah jika kita punya ide, atau apapun yang berhubungan dengan pekerjaan. Agar kita tau apa saja yang ingin kita lakukan atau perlu dirubah sehingga kita bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Itulah poin-poin penting yang harus kita miliki sebagai supervisor. Sebagian besar poin ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sudah jadi supervisor selama satu setengah bulan setelah menulis postingan ini. Mungkin masih banyak hal lain bagaimana cara menjadi supervisor yang baik.

Jika kalian punya saran dan masukan, silahkan tuangkan  di kolom komantar agar saya dapat memperbaiki tulisan saya dan bisa membuat informasi lain yang lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar